Digital marketing agency – Dalam sebuah pemasaran digital, konten menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Selain visual yang menjadi target utama pembaca, konten tulisan yang menyertai visual pun akan menjadi penentu. Apakah pemasaran tersebut bisa berhasil menarik minat audience tertarget atau tidak. Sayanganya, tidak semua orang bisa membuat konten tulisan menarik dan tepat untuk memasarkan sebuah produk. Namun bukan berarti orang tersebut tidak bisa membuat konten tulisan. Mereka hanya perlu membuat pertimbangan-pertimbangan dan memperhatikan beberapa hal penting sebelum membuat konten ini.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika ingin membuat konten tulisan menarik.

  1. Mempelajari Produk atau Jasa yang Akan Ditawarkan

Sebelum membuat konten, ada baiknya jika mengenal dan mempelajari produk atau jasa yang nantinya akan ditawarkan. Hal ini bertujuan supaya bisa membuat konten lebih berkualitas dan relevan dengan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Untuk membuat lebih mudah bisa membuat konten berdasarkan produk atau jasa yang ditawarkan, keunikan, fitur, dan manfaatnya. Dengan begitu, nantinya kamu bisa lebih leluasa ketika ingin membuat konten ini.

  1. Memahami Kebutuhan Audience

Jika sudah mempelajari produk atau jasa yang akan dipasarkan, maka pastikan juga untuk tahu kebutuhan audience. Hal ini dimaksudkan supaya bisa membuat konten yang sesuai kebutuhan audience. Untuk konten yang nantinya dibuat juga bisa bersifat personal (tepat sasaran). Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan survey. Survey ini bisa dilakukan lewat email atau mengisi form saat audience datang ke toko.

  1. Menentukan Tujuan Pembuatan Konten

Apabila sudah mempelajari produk dan memahami kebutuhan audience, maka bisa menentukan tujuan dalam pembuatan konten. Misalnya ingin menawarkan produk atau jasa, memberikan edukasi, meningkatkan jumlah konsumen atau lainnya. Untuk contohnya, misalnya kamu ingin memberikan edukasi pada calon pembeli mengenai produk yang ditawarkan. Nah pastikan untuk membuat artikel dengan topik relevan dengan bisnis. Ketika konten fokus di satu tujuan jelas, maka akan mempermudah dalam menghasilkan konten berkualitas.

  1. Membuat Judul Menarik

Judul menjadi salah satu elemen penting ketika membuat konten. Dimana memiliki tujuan memberikan sedikit gambaran mengenai apa yang akan disampaikan lewat konten tersebut. Jadi sangat penting bagi kamu untuk membuat judul menarik, padat, jelas dan jujur. Penggunaan huruf kapital pada pembuatan judul pun juga harus diperhatikan. Pun juga jangan sampai typo dalam membuat judul, karena nantinya akan membuat orang yang membaca kesulitan memahami maksud judul konten tersebut.

  1. Memanfaatkan Sub Heading

Banyak audience yang lebih suka dengan konten mudah di-skip atau dibaca tanpa harus memperhatikan konten dengan detail. Untuk mengatasi hal ini, maka bisa menciptakan poin-poin (sub heading) akan membantu audience memahami isi konten tersebut.

  1. Fokus Kepada Manfaat

Untuk selanjutnya adalah memfokuskan pada penjelasan manfaat produk atau jasa yang ditawarkan. Meskipun di bagian akhir memang harus menawarkan produk atau jasa. Namun ada baiknya untuk mendeskripsikan manfaat yang nantinya akan didapatkan oleh konsumen. Ketika bisa fokus kepada manfaat yang ditawarkan oleh jasa atau produk. Nantinya audience akan pelan-pelan tertarik untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang kamu tawarkan.

  1. Menggunakan Data dan Fakta Pendukung

Ketika kamu menjelaskan manfaat produk yang akan ditawarkan. Ada baiknya jika menyertakan data atau fakta. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan target audience. Kamu bisa mengambil data dari jurnal, website lain dan masih banyak lainnya.

  1. Memakai Bahasa yang Mudah Dimengerti

Hal terakhir yang harus dipastikan ketika membuat konten adalah penggunaan tata bahasa. Konten dengan penggunaan bahasa mudah dimengerti tentunya akan lebih diminati oleh para pembaca. Bayangkan jika konten yang kamu buat menggunakan tata bahasa yang slengekan dan tidak menggunakan kaidah penulisan yang tepat. Bisa dipastikan para pengunjung akan langsung menutup halaman.