PENGERTIAN PETA JAWA TIMUR DAN PENJELASAN LENGKAPNYA

Facebook

Prev Article Peta Jawa Timur sendiri adalah satu sisi dari gugusan kepulauan Sunda Besar serta paparan Sunda yang pada saat itu waktu sebelum es mencair. Serta adalah satu ujung tenggara benua Asia dengan sisa-sisa fosil Homo Erectus serta popular di katakan jadi manusia jawa. Serta bisa di dapatkan di selama wilayah tepian Sungai Bengawan Solo. Jika kamu lihat peta jawa timur ini nyatanya lebih padat penduduknya dibanding pulau lain di tanah air. Tentunya Pulau Sendiri sudah jadi pusat riwayat peradaban yang telah ada semenjak jaman kerajaan. Serta satu diantara kerajaan itu ialah Kerajaan Majapahit. Serta adanya banyak riwayat dengan automatis jadi tempat bersejarah yang banyak didatangi. Di pulau jawa sendiri mempunyai tiga bahasa penting tapi sebagian besar nya masyarakat banyak yang memakai bahasa jawa. Serta Bahasa Jawa sendiri adalah bahasa ibu dari 60 juta masyarakat di tanah air.

Bahkan juga beberapa besarnya penutur yang berdiam di pulau jawa ini. Tentunya sejumlah besar masyarakat ini terbagi dalam bilingual serta berbahasa Indonesia dengan baik ialah satu bahasa pertama atau ke-2. Diluar itu sebagian besar dari pulau ini adalah Muslim serta ada banyak keragaman saluran keyakinan yang lain. Seperti agama, grup etnis, budaya di pulau Jawa ini. Tentunya kita jadi masyarakat negara Indonesia harus memegang teguh letak kebinekaan atau keberagaman bangsa Indonesia. Dan masih mengawasi NKRI.

Peta Jawa Timur adalah satu peta permukaan bumi yang bisa dibikin memakai beberapa prediksi peta. Dengan peta jawa timur ini bisa berbentuk satu peta politik bahkan juga fisik. Tentu saja dengan arah penting peta politik adalah tunjukkan batas teritorial. Arah nya peta fisik ini untuk tampilkan feature geografi seperti pegunungan, type tanah atau pemakaian tanah nya. Tentunya hidup di jaman ilmu dan pengetahuan serta sudah terbuka pada umumnya tentunya. Mempermudah kamu serta kita dalam mencari info karena beberapa penemuan dan riset yang dikerjakan. Bila kamu ingin tahu letak tentu satu negara yang tidak pernah didatangi bahkan juga benar-benar asing. Karena itu kamu dapat membentangkan peta dunia untuk tahu.

Tentunya kehadiran peta jawa timur ini telah seperti yang kamu kenal serta tidak terlepas dari perubahan peradaban makhluk hidup. Serta manusia sendiri juga perlu alat membantu penunjuk arah serta tempatnya. Terutamanya buat beberapa pelayar yang siap juga menelusuri lautan luas. Bahkan juga tidak ada penunjuk arah yang tentu di laut serta dengan munculnya bintang utara tentunya harus menunggu sampai malam hari. Dengan kompas serta peta lah yang jadikan referensi sahabat karib nya. Riwayat sudah mencatat jika kegiatan pelayar lah yang telah mulai menyambungkan antar bangsa di beberapa benua bahkan juga semua penjuru dunia.

JAWA TIMUR Jawa Timur adalah satu diantara propinsi sisi timur di Pulau Jawa, Indonesia. Serta mempunyai Ibu Kota yang ada di Surabaya, mempunyai luas daerah 47.922 km2. Serta tentunya jumlahnya masyarakat yang hampir 39.292.972 jiwa pada sensus tahun 2017. Peta Jawa Timur ini mempunyai daerah terluas tentunya di antara 6 propinsi di Pulau Jawa. Tentunya Jawa Timur mempunyai jumlahnya masyarakat paling banyak ke-2 di tanah air sesudah Jawa Barat. Jawa Timur sendiri bersebelahan langsung dibagian utara dengan Laut Jawa, dibagian timur dengan Sekat Bali. Dibagian selatan dengan Samudra Hindia serta dibagian barat nya dengan Propinsi Jawa Tengah.

Tentunya daerah Jawa Timur ini mencakup beberapa pulau seperti Pulai Bawean, Pulau Madura, Pulau Kangean dan beberapa pulau-pulau kecil yang lain. Jawa Timur biasa diketahui jadi pusat Lokasi Timur Indonesia serta mempunyai signifikasi perekonomian yang pasti cukuplah tinggi. Serta berperan 14,85 persen pada produk domestik bruto nasionalnya. Peta jawa timur ini mempunyai beberapa hal yang terkait yang tunjukkan bagaimana karakter peta itu. Seperti dalam riwayat, Kota atau Kabupaten dan elemen – elemen yang lain. Tentunya semuanya itu akan dipelajari lebih dalam bersama sisi – sisi pada artikel ini serta bisa kamu dalami dengan jelas tentunya.

Di bawah ini info daftar 29 Kabupaten serta Kota di Jawa Timur dengan info luas wilayahnya, diantaranya seperti berikut:

Kabupaten di Jawa Timur:

Kabupaten Bangkalan, luas daerah 1,001 km2.

Kabupaten Banyuwangi, luas daerah 363,16 km2.

Kabupaten Blitar, luas daerah 700 km2.

Kabupaten Bojonegoro, luas daerah 508,8 km2.

Kabupaten Bondowoso, luas daerah 472,26 km2.

Kabupaten Gresik, luas daerah 1.098 km2.

Kabupaten Jember, luas daerah 787,47 km2.

Kabupaten Jombang, luas daerah 1.036,27 km2.

Kabupaten Kediri, luas daerah 1.531,34 km2.

Kabupaten Lamongan, luas daerah 753,2 km2.

Kabupaten Lumajang, luas daerah 571,7 km2.

Kabupaten Madiun, luas daerah 654,78 km2.

Kabupaten Magetan, luas daerah 901,5 km2

Kabupaten Malang, luas daerah 875,96 km2.

Kabupaten Mojokerto, luas daerah 1.199,4 km2.

Kabupaten Nganjuk, luas daerah 850 km2

Kabupaten Ngawi, luas daerah 705,78 km2.

Kabupaten Pacitan, luas daerah 387 km2.

Kabupaten Pamekasan, luas daerah 1.117,09 km2

Kabupaten Pasuruan, luas daerah 928,97 km2.

Kabupaten Ponorogo, luas daerah 620 km2.

Kabupaten Probolinggo, luas daerah 665 km2.

Kabupaten Sampang, luas daerah 690 km2.

Kabupaten Sidoarjo, luas daerah 2.703 km2.

Kabupaten Situbondo, luas daerah 433,3 km2.

Kabupaten Sumenep, luas daerah 494 km2.

Kabupaten Trenggalek, luas daerah 628 km2.

Kabupaten Tuban, luas daerah 551,5 km2.

Kabupaten Tulungagung, luas daerah 891 km2.

Kota di Jawa Timur:

Kota Batu, luas daerah 900 km2.

Kota Blitar, luas daerah 3.891 km2.

Kota Kediri, luas daerah 4.218 km2.

Kota Madiun, luas daerah 5.981 km2.

Kota Malang, luas daerah 7.800 km2.

Kota Mojokerto, luas daerah 6.792 km2.

Kota Pasuruan, luas daerah 5.991 km2.

Kota Probolinggo, luas daerah 7.924 km2.

Kota Surabaya, luas daerah 8304 km2.

Riwayat terbentuknya peta jawa timur sebelumnya terkait dengan pembuatan Peta Jawa pertama-tama pada tahun 1540 oleh Sebastian Munster. Lalu dicatat lagi pada tahun 1555 oleh Guillaume Le Testupada sebenarnya jadi pulau paling besar. Saat itu Pulau Jawa seringkali dikatakan sebagai Java La Gandre atau Java Major atau Great Java. Serta seorang bernama Abraham Ortellius membuat suatu peta dengan judul Indiae Orientalis pada tahun 1570. Dia memvisualisasikan diantaranya yaitu Pulau Jawa serta pada tahun 1580 sisi selatan Pulau Jawa sudah teridentifikasi lalu dibikin Peta Jawa yang baru oleh Francis Drake. Sampai pada akhirnya Peta Jawa selalu alami perubahan sampai pada akhirnya bisa dilukiskan peta yang lebih persis serta detil tentunya.

Yaitu oleh Henri Chatelain serta pada tahun 1718 M. Saat itu Pulau Jawa sudah diperinci dengan nama gunung, kota, keunikan dataran serta yang lain. Lalu dengan Peta Jawa Timur sendiri sudah banyak wilayah – wilayah baru yang pasti sudah teridentifikasi dengan elemen alam yang lain. Jawa Timur sendiri adalah satu propinsi sebagian besar penduduknya mempunyai perekonomian yang maju. Sebab mempunyai tanah yang subur serta membuat beberapa petani dapat untuk manfaatkan serta membuahkan tanaman yang berkualitas. Jawa Timur mempunyai catatan riwayat tentunya baik dari sisi jaman Kemerdekaan RI atau jaman kerajaan seperti kerajaan kuno paling besar seperti Majapahit.

Facebook

Prev Article

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *