MANFAAT MENGKONSUMSI JAMU KUNYIT ASAM SETIAP HARI

Bagi orang jawa pasti sudah sangat mengenal jamu satui ini. jamu kunyit asam juga merupakan jamu yang cukup popular. Jamu kunyit asam atau yang biasanya orang jawa menyebutnya dengan sebutan kunir asem merupakan jamu yang terbuat dari bahan dasar suatu bumbu rempah-rempah berwarna kuning, yaitu kunyit. Dan juga dari buah yang berasa sangat masam yaitu asam jawa. Cara pembuatan jamu ini cukup mudah.  Pertama-tama siapkan kunyit dan asam jawa yang sudah bersih dari kulitnya. Pastikan bahwa kunyit tadi sudah dicuci terlebih dahulu. Kemudian  parut kunyit sampai benar-benar halus kemudian beri sedikit air dan di peras.  Setelah itu kamu bisa mendidihkan air untuk merebut parasan kunyit, asam dan gula jawa. Setelah mendidih , kamu bisa langsung mengangkatnya dan sajikan saat sudah dingin. Jamu kunyit asam memiliki rasa yang sangat menyegarkan, maka dari itu banyak orang yang gemar dengan jamu yang satu ini.

Berbagai macam manfaat mengkonsumsi jamu kunyit asam

Jamu kunyit asam memiliki rasa yang berbeda dengan kebanyakan jenis jamu lainya. karena pada umumnya jamu memiliki rasa yang pahit dan berbau menyengat, namun tidak dengan jamu ini. jamu kunyit asam memiliki bau yang segar dan rasa yang manis keasaman dan segar. Inilah yang mungkin menjadi faktor mengapa banyak orang yang gemar meminum jamu yang satu ini. doi balik rasanya yang nikmat tersebut ternyata jamu ini juga membawa khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kita. lalu apa saja khasiat yang dapat diperoleh jika kita mengkonsumsi jamu ini. untuk mendapat jawaban anda bisa menyimak informs di bawah ini!

  • Dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Jamu kunyit asam mempunyai sifat anti radang dan juga anti oksidan di dalamnya. Bahkan jamu kunyit asan juga mengandung zat anti bakteri. Itulah sebabnya mengapa jamu ini  bisa digunakan sebagai peningkat daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit ringan seperti flu, batuk, demam dan lainya. vitamin c yang ada di dalam jamu ini juga sangat tinggi, dn vitamin c sendiri mempunyai peran yang sangat bagus untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Dapat membantu memperlancar haid dan mengurangi nyerinya

Jamu kunyit asam juga sangat efektif untuk membantu melancarkan haid dan mengatasi nyeri saat haid.  Karena jamu ini mengandung kurkumin yang dapat mengurangi hormon yang dapat menyebabkan radang dan juga rasa nyeri. Kunyit asam juga dapat mendukung sistem kerja otak untuk dapat mengirim sinyal dengan baik pada tubuh agar kontraksi pada Rahim dan nyeri bisa cepat menghilang.

  • Dapat mendetox racun di dalam tubuh

Jamu ini juga sangat efektif jika digunakan sebagai detox racun yang ada di dalam tubuh seseorang. Karena jamu ini tergolong sebagai jenis jamu detoksifikasi atau penetral racun. Untuk itu jamu ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Dapat mengurangi bau badan

Kemudian jamu ini juga bisa digunakan untuk mengurangi bau badan tubuh. Karena jamu ini merupakan ramuan alami yang dapat membantu agar keringat yang dikeluarkan tubuh tidak berbau menyengat.

  • Dapat membantu menurunkan berat badan

Selanjutnya jamu kunyit asam juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena jamu ini mempunyai kandungan zat yang baik untuk dapat meningkatkan  metabolisme dalam tubuh.  Dan jamu ini juga dapat mendorong agar pencernaan bekerja dengan lancar.  Jamu ini juga dapat menghambat produksi lemak dalam tubuh. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa jamu ini dapat menurunkan berat badan seseorang.