CARA MEMILIH BUAH SAWO MATANG DENGAN KUALITAS BAIK

Buah sawo merupakan buah yang tumbuh di negara tropis yang salah satunya di Indonesia. Buah sawo merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini mempunyai bentuk bulat dan kulit yang berwarna coklat.  Buah sawo juga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan manusia . karena di dalam buah sawo terdapat banyak kandungan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Beberapa mineral yang dikandung oleh buah ini antara lain zar besi, kalium. Fosfor, magnesium dan lainya.  banyak yang menggunakan buah yang satu ini sebagai buah untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. buah sawo yang masih mentah biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare.  Dan buah sawo yang matang biasa digunakan untuk membantu mengatasi  radikal bebas, menjaga kesehatan organ penting di tubuh dan banyak lagi. 

Tips-tips memilih buah sawo yang matang dengan kualitas yang terbaik

Banyak orang yang menyukai buah yang satu ini ketika sudah matang. Karena saat matang buah ini menghasilkan rasa yang sangat manis dan enak. Tentunya untuk mendapatkan buah sawo yang matang dan berkualitas baik, anda harus mempunyai trik dan tips tersendiri. Nah untuk anda yang belum mempunyai tips memilih buah sawo yang matang dan baik, anda bisa menyimak informasi yang penulis tuliskan di bawah ini!

  • Perhatikan warna dari kulit buah tersebut

Pertama  yang anda harus lakukan adalah memperhatikan warna dari kulit buah sawo tersebut. buah sawo yang matang alami dari pohonya akan mempunyai warna coklat yang merata, atau tidak terdapat warna kehiauan. Jika pada saat memilih buku tersebut anda menemukan warna buah yang masih kehijauan, itu menandakan bahwa buah tersebut belum cukup matang, sehingga jika dikonsumsi kurang enak.

  • Perhatikan tekstur buah

Kedua anda juga perlu untuk memperhatikan tekstur dari buah tersebut. buah sawo yang matang jika di tekan akan mempunyai tekstur yang empuk namun tidak lembek. Jika saat menekan buah tersebut teksturnya lembek, maka bisa menandakan bahwa buah tersebut terlalu matang dan jika dimakan terlalu manis. buah sawo yang ditekan bertekstur keras, menandakan bahwa buah tersebut masih mentah dan belum layak konsumsi.

  • Aroma buah

Kemudian anda bisa membedakan buah sawo yang matang dan tidak dengan mencium aroma dari buah itu. Jika pada saat anda mencium buah tersebut tidak mengeluarkan bau apa-apa, berarti menandakan bahwa buah tersebut belum matang dan jika dikonsumsi akan terasa sepat. Dan jika pada saat mencium buah tersebut mengeluarkan bau yang manis bisa menunjukkan bahwa  buah tersebut telah matang dan mempunyai rasa yang manis. namun jika aroma manis yang dikeluarkan agak sedikit asam, bisa menandakan bahwa buah tersebut telah membusuk dan tidak layak konsumsi.

  • Pilih buah yang tidak bonyok

Kemudian anda juga harus memilih buah sawo yang memiliki bentuk sempurna alias tidak terdapat bekas bonyok atau memar pada bagian buah tersebut. katrina buah yang memar anatu bonyok bisa jadi karena buah tersebut belum matang namun sudah di panen. Saat anda memilih buah sawo yang berbentuk sempurna anda akan dapat merasakan daging sawo yang sangat manis dan nikmat. Usahakan juga agar and tidak memilih buah sawo yang terdapat getah pada permukaan kulitnya.n