Mempunyai berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Terutama kaum perempuan yang selalu ingin tampil sempurna. Banyak perempuan yang mengeluh gendut dan akhirnya memutuskan untuk diet. Hal ini boleh saja dilakukan selama tidak menyiksa diri anda. Tetapi katakan tidak untuk diet yang salah. Seperti mengurangi porsi makan drastis atau bahkan tidak makan sama sekali. Hal ini malah akan menyebabkan timbulnya penyakit di dalam tubuh anda. Seperti asam lambung metabolise tubuh yang melambat. Ada juga yang diet menggunakan obat diet. Hal ini sebaiknya kita hindari karena kita belum tahu apa dampak jangka panjangnya. Yang pasti jika kita berterus-terusan pada pil akan menyebabkan ketergantungan dan dampak yang buruk untuk tubuh kita.

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat dan efektif?

Selain meembuat penampilan tidak maksimal ternyata kegemukan juga dapat mengganggu aktivitas kita. Karena umumnya orang yang memiliki berat badan yang lebih akan merasa malas untuk bergerak dan melakukan sesuatu. Selain itu kegemukan juga dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Lalu bagaimana kita cara agar kita bisa menurunkan berat badan yang sehat dan efektif? Mari kita simak tips di bawah ini:

  1. Berolahraga rutin

Jika anda saat ini merasa malas untuk berolahraga. Maka tinggalkanlah rasa malas anda. jika anda mager ke gym anda bisa melakukan olahraga di likungan anda. Seperti berjalan-jalan 30 menit setiap pagi atau lari pagi. anda tidak perlu melakukan olahraga yang berlebihan karena hanya akan membuat anda kelelahan dan bahkan dapat menyebabkan dampak buruk untuk tubuh anda. Sebaliknya jika hal tersebut dilakukan sebentar tetapi  dengan rutin akan menurunkan berat badan anda dan menambah kebugaran tubuh anda.

  1. Hindari makanan siap saji

Memang makanan siap saji itu nikmat dirasakan mulut anda. Tetapi tidak dengan tubuh anda. Makanan siap saji hanya akan menumpuk lemak pada tubuh anda dan akan menyebabkan obesitas. Gantilah kebiasaan anda ini dengan memakan sayur dengan buah-buahan yang dapat dengan mudah di cerna perut anda. Sertakan bumbu dan rempah yang menggugah rasa agar anda tidak merindukan makanan siap saji.

  1. Atur porsi  makan

Jika anda sebelumnya makan dengan nasi porsi yang banyak. Maka kurangilah porsi nasi anda. Gantilah dengan sayur-sayuran. Dan sebaiknya anda mengganti makan malam anda dengan makan sore . jadi disini anda makan sebelum jam 6 petang.

  1. Perbanyak minum air putih dan kurangi ngemil

Kadang kita sulit membedakan rasa lapar dan kurang minum. Jadi sebaiknya jika anda merasa lapar sebelum jam makan jangan ngemil tetapi minumlah air putih terlebih dahulu.

  1. Tidur dengan cukup

Begadang akan memicu anda merasa lapar di tengah malam. Hal ini menyebabkan anda makan sebelum tidur. Itu hal yang harus di hindari karena sangat tidak baik untuk tubuh anda.selain itu begadang menunda tubuh kita dalam pembakaran lemak.

  1. Biasakanlah untuk sarapan pagi

Tidak sarapan akan membuat anda lapar sebelum waktu makan siang dan anda akhirnya hanya akan ngemil. Jadi setiap pagi anda harus sarapan. Anda bisa sarapan dengan menu sereal, buah, atau produk susu yang low fat.

Itulah tips-tips sehat yang efektif dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan anda. Selamat mencoba dan semoga membuahkan hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *